Talkshow MOBILE WISELAND : TEKNOLOGI EWS LONGSOR UNTUK PROSES TANGGAP DARURAT

Mobile WISELAND (Wireless Sensor Network for Landslide Monitoring) adalah teknologi pemantauan tanah longsor yang digunakan memantau ancaman longsoran susulan saat proses tanggap darurat. Teknologi ini merupakan hasil penelitian Pusat Penelitian Geoteknologi dan Pusat Penelitian Fisika LIPI melalui kegiatan Unggulan 2015-2017 dan Prioritas Nasional 2018.

Resiko gerakan tanah terkadang mencakup daerah perbukitan yang luas dan terpencil. Mempertimbangkan jenis-jenis gerakan tanah, maka sistem pemantauan perlu memiliki kemampuan untuk memantau semua jenis gerakan tanah di daerah yang luas,”jelas Dr. Adrin Tohari, peneliti Pusat penelitian Geoteknologi LIPI pada Indonesia Science Expo di ICE BSD,2 Nopember 2018.

Sistem pemantauan gerakan tanah berbasis jaringan sensor nirkabel (WISELAND) dikembangkan untuk memantau pergerakan lereng di daerah yang luas secara efektif. Jaringan sensor nirkabel dalam sistem ini terdiri dari modul-modul sensor tanah, curah hujan, titmeter dan eks tensometer, yang dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya untuk mengirimkan data ke unit gateway dengan menggunakan teknologi komunikasi berbasis zigbee dan melalui jaringan GSM/GPRS.Data yang diterima diserver diolah dan disajikan dalam bentuk grafik dan label dan diakses melalui website.

Pada kesempatan yang lain , Suryadi peneliti Pusat Penelitian Fisika LIPI menjelaskan bahwa sebenarnya tanah longsor itu bisa dicegah dengan cara menyedot air tanah penyebab longsor. Sejauh mampu diatasi maka penduduk tidak perlu pindah rumah. Tetapi ini juga masih terkait dengan seberapa luas areanya juga.

Lanjut Suryadi sebenarnya ada tanda-tanda atau indikasi alam yang bisa diketahui oleh masyarakat umum yaitu jika ada jejak-jejak retakan dipermukaan lereng itu tandanya lereng belum stabil tanahnya artinya masih labil. Tanda yang kedua adanya mata air yang berada dibawah “gawir”atau mahkota longsoran.

Suryadi menjelaskan untuk keperluan deteksi dini bencana tanah longsor tersebut LIPI telah mengembangkan LIPI – WISELAND (Wireless Sensor Network for Landslide Monitoring). Keunggulan dari alat ini adalah efektif, mampu menjangkau daerah pemantauan yang luas berdasarkan jejaring sensor, andal (reliable) mampu menyajikan data dalam waktu nyata, keunggulan yang ketiga mampu menyajikan data akurat dengan akurasi tinggi dan selain itu praktis (practical) catu daya mandiri denganmenggunakan tenaga panel surya dan baterai.

Respon dari peserta maupun pengunjung talkshow sangat baik. Banyak peserta yang aplikasi alat mobile wiseland sudah digunakan dimana saja serta perkiraan harga untuk membuat 1 (satu) mobile wiseland.

Untuk menjawab tuntutan dilapangan dan berdasarkan lokasi tanah longsor yang sering susah dijangkau,saat ini sudah dikembangkan Mobile LIPI WISELAND, dengan keunggulan alat ini merupakan versi mobile dari sistem monitoring gerakan tanah yang dikembangkan sebelumnya (LIPI WISELAND), dirancang untuk monitoring dilokasi (onsite) serta waktu yang relatif pendek selama proses, tanggap darurat longsor untuk memonitor

It's only fair to share...Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this page