Pemanfaatan Teknologi X-RD untuk Penelitian Ilmu Kebumian

(Bandung-Humas Geotek) Dalam rangka membuka wawasan pengetahuan tentang teknologi yang dimiliki, Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI Bapak Dr. Ir. Haryadi Permana, pada Rabu (28/01) lalu di R. Pangea Kampus LIPI Bandung, membuka kegiatan sarasehan untuk para peneliti dan teknisi sivitas Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI. Sarasehan ini merupakan kegiatan dari Bidang Pengelolaan dan Desiminasi Hasil Penelitian yang akan dilaksanakan rutin setiap bulan.

Presentasi pertama pada sarasehan kali ini disampaikan oleh Anita Yulianti, Bagus Dinda Erlangga dan Aditya Wibawa dengan judul¬†“Difraktometer Sinar-X (X-RD), Teknis Penggunaan dan Aplikasinya dalam Analisa Mineral”. Presentasi selanjutnya adalah¬†laporan kegiatan kursus preparasi dan Analisis Sedimen dengan menggunakan Alat X-RD di University Tongji Shanghai-RR China selama 45 hari sejak tanggal 15 April 2014 disampaikan oleh Djupriono dan Jakah.¬†Pengantar Sarasehan ini oleh¬†Prof. Dr. Ir. Wahyoe S. Hantoro.

Dari hasil diskusi tersebut diketahui bahwa pemanfaatan teknologi X-RD belum dapat digunakan secara optimal mengingat masih diperlukannya peralatan penunjang guna mendukung hasil pengukuran untuk Thin Film, Fiber, Stres dan Sample Heating.( HR )

It's only fair to share...Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this page