Sistem Basis Data Dan Informasi Kebumian Untuk Kawasan Lampung Dan Sekitarnya

(Berita-Humas Geotek). Peneliti Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI, Dr. Yuliana Susilowati, dalam pemaparan “Penataan Ruang Kawasan Strategis Nasional Kawasan Lampung dan sekitarnya” pada Disain Riset Pusat Penelitian Geoteknologi Tahun 2015 (04/2) yang lalu mengungkapkan bahwa  Kawasan Lampung dan sekitarnya memiliki kondisi geografis yang sangat strategis bagi kepentingan ekonomi dan pertahanan keamanan nasional maupun internasional sehingga akan memberikan peluang bagi kawasan ini sebagai pusat pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat.

Dr. Yuliana Susilowati juga menerangkan bahwa Kawasan Lampung dan sekitarnya memiliki potensi dan peluang yang perlu dikembangkan dan dioptimalkan pemanfaatannya untuk kepentingan nasional Indonesia.

Dalam penelitian ini menurutnya, akan dilakukan penataan ruang terpadu untuk kemandirian air dan energi dalam mendukung daya saing dengan  membuat sistem basis data dan informasi kebumian yang akan meliputi sumberdaya alam dan lahan, sumberdaya manusia dan sarana prasarana wilayah, potensi bencana dan kerusakan lingkungan serta potensi penerapan teknologi untuk meningkatkan nilai tambah sumberdaya yang ada dan pengendalian bencana serta kerusakan lingkungan. (HR)

It's only fair to share...Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this page