Kebijakan Nasional Pengelolaan Sumber Daya Air Fokus pada Penyediaan Air Rumah Tangga

Kegiatan ASEAN-US Science and Technology Fellows Pilot Program, merupakan program untuk mendorong implementasi IPTEK berbasis kebijakan dan pengambilan keputusan, khususnya pada isu manajemen air yang berdampak luas pada masyarakat. Pada tahun pertama, kegiatan ini didanai oleh USAID. Peserta pada periode tahun 2014-2015 adalah 8 saintis yang terdiri atas 2 orang dari INDONESIA, 2 orang dari Myanmar, 2 orang dari Vietnam, 1 orang dari Thailand dan 1 orang dari Filipina. Khusus untuk INDONESIA, tuan rumah sebagai key point S&T adalah Kementerian RISTEK dengan bidang fokus WATER MANAGEMENT dan BIODIVERSITY. Peserta dari Indonesia yang mengambil bidang fokus Water Management adalah Dyah Marganingrum, peneliti dari Pusat Geoteknologi LIPI. Kajian pengelolaan air yang dilakukan lebih didetilkan pada persoalan air minum.

Berkas yang dapat diunduh ini merupakan salah satu hasil kegiatan ASEAN-US Science and Technology (S&T) Fellows Pilot Program yang didukung oleh hasil pertemuan the ASEAN Committee on Science and Technology (COST) ke 65 pada bulan Mei 2013. Secara khusus tujuan program ini adalah:

  • Penguatan sain dan teknologi sebagai input dalam proses pembuatan keputusan dalam ASEAN atau prioritas strategis yang lebih luas;
  • Memperluas keterlibatan ilmuwan ASEAN secara langsung dengan pemerintah dan pembuat kebijakan untuk mendorong penggunaan sain dalam proses pembuatan kebijakan di tingkat nasional maupun multilateral;
  • Membangun kader ilmuwan yang berpengalaman dalam kebijakan dan pembuatan keputusan serta memiliki jaringan yang luas.

Kementerian Riset dan Teknologi (RISTEK) dipilih sebagai host penempatan fellow dari Indonesia dengan pertimbangan bahwa RISTEK merupakan representatif Pemerintah dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, RISTEK merupakan institusi penting yang bertanggung jawab dalam formulasi serta koordinasi implementasi kebijakan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sesuai dengan judul, susunan laporan ini dibuat dalam lima bab, dengan rincian sebagai berikut:

  • Bab pertama adalah pendahuluan. Bab ini menjelaskan pengelolaan secara umum dan ruang lingkup detil kajian yang kemudian terfokus pada sektor domestik.
  • Bab kedua menjelaskan dasar regulasi pengelolaan sumber daya air secara makro serta penyediaan air minum.
  • Bab ketiga adalah pembelajaran dari kondisi eksisting di lokal daerah terkait pengelolaan sumber daya air dan penyediaan air minum.
  • Bab keempat menjelaskan kontribusi IPTEK dalam pengelolaan sumber daya air dan air minum.
  • Bab kelima merupakan analisis serta sintesa data dan informasi untuk dapat memberikan rekomendasi kebijakan.

(Dyah Marganingrum)

NATIONAL-WATER-RESOURCES-MANAGEMENT-POLICY.pdf

It's only fair to share...Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this page