Telah Terbit Riset Geologi dan Pertambangan vol 26 no 1 2016

riset2-26-1-2016

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa kami sampaikan atas terbitnya Jurnal Riset Geologi dan Pertambangan, Volume 26 No.1, Juni 2016. Dalam terbitan kali ini, permasalahan yang disajikan cukup beragam, meliputi Pulau Sumatra sebagai blok benua tidak homogen yang berasal dari Gondwana, petrografi dan difraksi sinar X batuan terumbu Kuarter Kendari, zonasi endapan epithermal Cihonje, amblesan dan likuifaksi di Tanjung Benoa, mineralogi dan geokimia Batugamping Merah Gunungkidul, dan sedimen palung Laut Sulawesi.

Bila selama ini Pulau Sumatra dianggap sebagai segmen blok benua yang homogen, dalam karya tulis ilmiah dalam edisi ini disajikan hal yang berbeda, berdasarkan hasil analisis terhadap ciri geokimia batuan volkanik di daerah Pasaman, Pulau Sumatra adalah segmen blok benua yang tidak homogen. Analisis petrografi dan difraksi sinar-X untuk mendeteksi kalsit non destruktif pada endapan terumbu kuarter ternyata dapat dilakukan untuk merekonstruksi iklim purba disuatu daerah. Karya tulis ilmiah ketiga membahas mengenai karakterisktik tekstur dan zonasi endapan urat epithermal di Daerah Cihonje yang menunjukkan bahwa mineral logam yang terkandung dalam endapan urat epithermal di daerah tersebut terdiri dari pirit, kalkopirit, arsenopirit, sfalerit, galena, emas, dan perak, dimana kadar emas dalam endapan tersebut mencapai 83 ppm. Bahaya amblesan dan likuifaksi adalah bahasan yang disajikan selanjutnya dengan studi kasus di Tanjung Benoa, Bali Selatan. Daerah Gunungkidul yang didominasi oleh batugamping ternyata pada beberapa bagian sangat dipengaruhi oleh material terigenus yang mengandung oksida SiO2, Al2O3, Fe2O3, dan TiO2 pada saat pengendapan memberikan warna merah pada batugampingnya. Pada bagian terakhir akan dibahas karakteristik sedimen palung Laut Sulawesi berdasarkan hasil pengamatan megaskopis dan sifat fisika yang sangat dipengaruhi oleh musim dan arus laut.

Harapan kami, makalah-makalah yang disajikan akan memberikan tambahan pengetahuan pembaca semua.  Selamat membaca, semoga bermanfaat.

Jurnal ini dapat diunduh di http://jrisetgeotam.com/

It's only fair to share...Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this page