LIPI Bahas Kompleksitas Bumi Dalam Konferensi Internasional

JAKARTA, NETRALNEWS.COM- Terkait Geoteknologi, adanya penyelenggaraan GCGE2017 oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bertujuan untuk memahami masa lalu bumi dan masa depan, energi dan sumber daya yang diperlukan untuk mendukung peningkatan populasi global, kebutuhan dan tantangan keberlanjutan dalam perubahan yang berlebihan.

“Peradaban manusia selalu bergantung pada sumber daya bumi untuk kelangsungan hidupnya. Kami para peneliti di bidang ilmu kebumian ingin membuat kontribusi yang lebih signifikan dalam memahami interaksi dan proses yang terjadi di bumi ini untuk membantu dalam mendukung peradaban,” kata Eko Yulianto, Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI, Kamis (19/10/2017).

Dalam konferensi internasional ini, Eko menjelaskan ada empat topik utama yang dibahas, antara lain geologi dan geofisik, resources engineering, oseanografi, serta ekohidrologi dan limnologi.

Kemudian, konferensi tersebut diharapkan menjadi ajang para peneliti untuk bertukar informasi yang nantinya akan menambah wawasan dan kematangan berpikir ilmiah.

“Selain itu acara ini juga diharapkan dapat menjadi sarana untuk menjalin kerja sama antar peneliti, terutama dengan para akademisi dari luar negeri,” tambah Eko.

Menurutnya, GCGE juga merupakan ajang penyebarluasan hasil penelitian dan membuka peluang kolaborasi lebih erat antara peneliti dengan para pemangku kebijakan, pihak pengguna, dan masyarakat luas. Oleh sebab itu, suatu kegiatan konferensi hasil penelitian bukan hanya menjadi kewajiban institusi penelitian, tetapi sudah menjadi norma yang harus dilakukan di lingkungan peneliti.

Untuk diketahui, konferensi internasional sendiri menghadirkan 100 peserta dari dalam dan luar negeri sebagai presenter (hasil penelitian), baik secara oral maupun poster.

Adapun pelaksanaan hari pertama konferensi akan berlangsung di Hotel Jayakarta, Bandung, Jawa Barat, yang berisi agenda presentasi dan pemakalah kunci, flash talk, dan diskusi di sesi poster dari para peserta.

Sedangkan hari kedua konferensi diisi dengan agenda ekskursi yang dilaksanakan di Bandung Utara. Kegiatan diikuti oleh seluruh peserta dan sivitas Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI.

Sumber: netralnews.com, 19 Oktober 2017

It's only fair to share...Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this page