Rakortek dan Riset Disain PN 2018

Mengawali kegiatan di tahun 2018, Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI telah menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) pada tanggal 08 – 10 Januari 2018 dan dilanjutkan dengan Riset Disain pada tanggal 16 – 18 Januari 2018, yang bertempat di Ruang Pangea Puslit Geoteknologi LIPI. Pembukaan acara Rakortek dilakukan di ruang Pangea, kemudian setelah itu dilakukan diskusi yang intens oleh setiap tim penelitian secara paralel di beberapa ruangan puslit Geoteknologi LIPI, yaitu: ruang Pangea, ruang Banda, ruang rapat lantai empat, ruang rapat basement, ruang perpustakaan, Laboratorium Earth, dan Laboratorium GIS. Sementara pelaksanaan Riset Disain dilakukan secara terpusat di Ruang Pangea selama dua hari.

Agenda dari kegiatan Rakortek adalah diskusi dan koordinasi setiap tim mengenai kegiatan penelitiannya di tahun 2018, untuk kemudian hasilnya dipaparkan pada acara Riset Disain. Pemaparan dilakukan oleh kepala peneliti atau diwakili oleh salah satu anggota tim, dan kemudian dilanjutkan dengan konfirmasi serta diskusi.

Kegiatan penelitian Puslit Geoteknologi pada tahun 2018 terdiri dari:

1.Prioritas Nasional 1 (PN 1) yaitu “Konsep Sistem Peringatan Dini atas Bencana Berbasis Masyarakat”, kegiatan ini terdiri atas:

  1. Teknologi Peringatan Dini Tsunami Berbasis Android
  2. Teknologi Peringatan Dini Longsor Berbasis Android
  3. Konsep Penilaian Resiko Bencana
  4. Revitalisasi Laboratorium untuk Mendukung Pengembangan Sistem Peringatan Dini atas Bencana Berbasis Masyarakat
  5. Teknologi Peringatan Dini Longsor Berbasis Siphon
  6. Teknologi Peringatan Dini Longsor Berbasis Wiseland
  7. Data Ancaman Gempa dan Tsunami Megathrust Selatan Jawa
  8. Revitalisasi Laboratoriumuntuk Mendukung Pengembangan Sistem Peringatan Dini atas Bencana Berbasis Masyarakat
  9. Diseminasi Hasil Penelitian Geoteknologi untuk Mendukung Pengembangan Sistem Peringatan Dini

2.Prioritas Nasional 2 (PN 2) yaitu “Teknologi untuk Pengembangan Material Fungsional Berbasis Sumberdaya Mineral dan Batubara dalam Bidang Geoteknologi”, kegiatan ini terdiri atas:

  1. Teknologi Mikroba Fungsional Berbasis Mineral
  2. Teknologi Rekayasa Pengembangan Material Fungsional berbasis Mineral
  3. Teknologi Rekayasa Pengembangan Material Fungsional berbasis Batubara
  4. Revitalisasi Laboratorium untuk Mendukung Pengembangan Teknologi Rekayasa Material Fungsional Berbasis Sumber Daya Mineral & Batubara
  5. Diseminasi Hasil Penelitian Geoteknologi untuk mendukung Penerapan Teknologi Pengembangan Material Fungsional

[ngg_images source=”galleries” container_ids=”13″ display_type=”photocrati-nextgen_basic_thumbnails” order_by=”sortorder” order_direction=”ASC” returns=”included” override_thumbnail_settings=”0″ thumbnail_width=”240″ thumbnail_height=”160″ thumbnail_crop=”1″ images_per_page=”20″ number_of_columns=”0″ ajax_pagination=”0″ show_all_in_lightbox=”0″ use_imagebrowser_effect=”0″ show_slideshow_link=”1″ slideshow_link_text=”[Show slideshow]” maximum_entity_count=”500″]

It's only fair to share...Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this page