Rapat Kerja Kedeputian Ilmu Pengetahuan Kebumian LIPI Tahun 2018

rakeripk-140318-2“Penguatan Akuntabilitas Program melalui Reformasi Birokrasi untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Riset” merupakan tema dari Rapat Kerja Kedeputian IPK LIPI pada tanggal 14 – 16 Maret 2018 di Hotel Salak Bogor. Raker dibuka oleh Deputi Bidang IPK LIPI, Dr. Zainal Arifin, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari pembicara kunci, yaitu:

  1. Dr. Muhammad Dimyati, Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemenristekdikti.
  2. Nico Prayoga, ST., MT., Direktur PT. Robo Marine Indonesia (RMI).
  3. Dr. Didik Widyamoko, M.Sc., Kepala Kebun Raya Bogor LIPI.

Dalam presentasinya Dr. Dimyati menyoroti kebijakan strategi penguatan riset dan inovasi di bidang iptek kebumian untuk menjadi Indonesia 4,0. Menurut Dr. Dimyati, pada kenyataannya Indonesia sudah pada posisi yang siap karena memiliki SDM yang unggul, hanya sampai saat ini masih belum bisa menampilkan kemampuan yang dimiliki, selain itu permasalahan muncul karena rendahnya anggaran penelitian, sehingga diperlukan skema – skema penelitian yang dapat menunjang penelitian baik di Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian non Kementrian.

Bapak Nico menyoroti mengenai sinergi antara riset dengan industri. RMI memiliki bermacam robot yang dapat digunakan untuk mendukung penelitian dalam bidang kelautan serta perairan darat, contohnya adalah pengambilan contoh air dari sungai atau laut dengan turbiditas tinggi atau laut dengan kedalaman yang tidak dapat ditempuh oleh kemampuan manusia, kondisi ini dapat disiasati menggunakan robot.

Presentasi Dr. Didik mengenai strategi pencapaian Wilayah Bebas Korupsi (WBK) / Wilayah Bersih Bebas Melayani (WBBM), karena Kebun Raya Bogor merupakan satuan kerja LIPI yang telah mendapat predikat tersebut secara nasional. Diharapkan pemaparan strategi dari Dr. Didik dapat memotivasi dan menambah wawasan setiap satuan kerja di Kedeputian IPK agar mendapat predikat WBK / WBBM.

Selain pembicara kunci, ada pula pemaparan dari pembicara tamu Prof. Dr. Ing Nicolas Gascoin, dari kedutaan Perancis. Pemaparan beliau menjelaskan mengenai peluang penelitian dengan negara Perancis, beserta dengan budaya penelitian, teknologi dan inovasi. 

Pemaparan dilanjutkan dengan laporan kegiatan Kedeputian IPK LIPI, yaitu:

  1. APCE/HIP oleh Dr. Ignasius Dwi Atmana S.
  2. IOC/COREMAP – CTI, oleh Dr. Dirhamsyah M.A.

Rangkaian acara hari pertama ditutup dengan evaluasi implementasi hasil raker IPK LIPI tahun 2017, oleh Ketua Pengelolaan Monitoring dan Evaluasi (PME) IPK LIPI, Dr. Nono Darsono, dan dilanjutkan dengan laporan capaian penting dari puslit, UPT, dan balai di bawah Kedeputian IPK LIPI, diantaranya adalah:

  1. Puslit Geoteknologi diwakili oleh Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI yaitu Dr. Eko Yulianto
  2. UPT Loka Uji Teknik Penambangan Jampang Kulon diwakili oleh Kepala UPT yaitu Rhazista Noviardi, MT.
  3. UPT Loka Uji Teknik Penambangan dan Mitigasi Bencana Liwa diwakili oleh Kepala UPT yaitu Prahara Iqbal, MT.
  4. Balai Informasi Konservasi dan Kebumian Karangsambung diwakili oleh Kepala Balai yaitu Edi Hidayat, MT.

Agenda hari kedua (15 Maret 2018) terdiri atas kunjungan ke Kebun Raya Bogor kemudian dilanjutkan dengan Rapat Komisi. Raker IPK tahun 2018 membagi peserta raker kedalam dua komisi, yaitu:

  1. Komisi 1, Reformasi Birokrasi
  2. Komisi 2, Program Riset dan Infrastruktur tahun 2020 – 2024

Sementara kegiatan malam hari diisi dengan acara santai berupa malam kebersamaan.

Agenda hari ketiga (16 Maret 2018) terdiri atas penyampaian hasil sidang komisi, perumusan hasil raker, pengesahan hasil rumusan raker LIPI tahun 2018, penandatangaan fakta integritas Kapuslit dan UPT di lingkungan kedeputian IPK LIPI, penutupan oleh Plt Kepala LIPI, pembacaan doa dan foto bersama.

[ngg_images source=”galleries” container_ids=”21″ gallery_width=”600″ gallery_height=”400″ cycle_effect=”fade” cycle_interval=”10″ show_thumbnail_link=”1″ thumbnail_link_text=”[Show thumbnails]” order_by=”sortorder” order_direction=”ASC” returns=”included” maximum_entity_count=”500″ display_type=”photocrati-nextgen_basic_slideshow”]

It's only fair to share...Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this page