SEMINAR ILMIAH SPESIAL PURNABAKTI: GEOSAINS INDONESIA TIMUR MASA LALU, SEKARANG, DAN MASA DEPAN

SeminarPurnaBakti-280318-1

Pusat Penelitian Geoteknologi – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2G LIPI) pada Rabu, 28 Maret 2018 menyelenggarakan Seminar Ilmiah Spesial Purnabakti yang dipersembahkan untuk Prof. Dr. Ir. Jan Sopaheluwakan, M.Sc. dan Dr. Ir. Munasri. Bertempat di Ruang Pangea, Gedung 70 Geoteknologi LIPI, acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi, Dr. Eko Yulianto.

Acara selanjutnya, Dr. Muhammad Ma’ruf Mukti, M.Sc. selaku moderator, memaparkan beberapa pengalaman kerja dan dedikasi beliau selama di LIPI. Dimulai dari Prof. Dr. Ir. Jan Sopaheluwakan, M.Sc. yang pernah menjadi Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI dari tahun 1996 – 2001. Meskipun telah memasuki masa purnabakti, Prof. Dr. Ir. Jan Sopaheluwakan, M.Sc. masih berkecimpung di dunia ilmu pengetahuan, antara lain sebagai peneliti senior dan tim pendiri for Sustainable Earth and Resource Universitas Indonesia.

Sementara itu Dr. Ir. Munasri pernah menjadi Kepala UPT Balai Informasi dan Konservasi Kebumian Karansambung LIPI dari tahun 2002-2007. Meskipun telah memasuki masa purnabakti, Dr. Ir.Munasri masif aktif berbagi ilmu pengetahuan geologi di STTMI (Sekolah Tinggi Teknologi Mineral Indonesia).

Memasuki acara inti, moderator mempersilahkan untuk pemaparan mengenai “Perkembangan Biostratigrafi Radiolaria di Indonesia” oleh Bapak Dr. Ir. Munasri. Tidak banyak ahli radiolario di Indonesia, dan beliau lah salah satunya. Selama pengabdiannya beliau telah melakukan banyak penelitian tentang radiolaria, diantaranya aplikasi radiolaria untuk penentuan umur, lingkungan pengendapan, dan perilaku arus di laut. Diakhir pemaparannya beliau berpesan bahwa masih ada tantangan bagi para peneliti untuk mengetahui bagaimana lebih banyak lagi penerapan biostratigrafi radiolaria diaplikasikan untuk bidang-bidang terkait.

Selanjutnya pemaparan dari Prof. Dr. Ir. Jan Sopaheluwakan, M.Sc. tentang “Geodinamika dan Geostrategis Indonesia Timur”. Beliau memaparkan bahwa LIPI bisa berfungsi sebagai government function, scientific function, state function, dan social function. Diharapkan para peneliti nantinya bisa mengintegrasikan antara development issu dan scientific issu.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video testimoni berisi kesan dari rekan-rekan Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI. Banyak hal yang berkesan di hati para rekan-rekan di Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI, diantaranya Dr. Ir. Munasri yang dikenal rekan-rekannya memiliki sifat suka memberi dan mengajari anak-anak tentang mitigasi bencana di sela-sela kesibukannya melakukan penelitian di  daerah penelitian. Kemudian Prof. Dr. Ir. Jan Sopaheluwakan, M.Sc. yang dikenal rekan-rekannya sebagai pemikir cerdas yang memiliki ide cemerlang dan pandangannya yang jauh kedepan.

Yang istimewa, acara ini turut dihadiri juga oleh Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi Prof. Herry Harjono (2001- 2016) yang sudah memasuki masa purnabakti lebih dulu. Beliau berpesan pada para purnabakti, “Selamat bergabung dengan kami para purnabakti, masa purnabakti hanyalah secarik kertas, pensiun bukanlah akhir, melainkan awal untuk bisa berkarir lebih bebas”. Acara diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan untuk Prof. Dr. Ir. Jan Sopaheluwakan, M.Sc. dan Dr. Ir. Munasri dengan foto dan santap siang bersama. (Hilmi)

It's only fair to share...Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this page