Kunjungan Sekolah Alam Palembang

Pada hari Jumat, 06 April 2018, Pusat Penelitian Geoteknologi menerima kunjungan yang sedikit berbeda dari biasanya karena peserta yang hadir adalah siswa Sekolah Dasar. Enam belas orang siswa kelas empat Sekolah Alam Palembang yang didampingi oleh empat orang guru ini merupakan kunjungan pertama dari tamu anak anak yang berinisiatif mandiri berkunjung ke Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI.

Kunjungan diawali dengan pemaparan mengenai profil Puslit Geoteknologi oleh Hilda Lestiana, S.Si, MT. selaku Kepala Subbidang Diseminasi dan Kerjasama, dan dilanjutkan dengan pemutaran film Kartun Gempabumi dan Tsunami (Compress LIPI 2008) serta beberapa film pendek berjudul Peristiwa Gempabumi, Kesiapsiagaan dan Evakuasi Diri (LIPI, 2016).

Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab siswa, pengenalan dan komentar para guru terhadap Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI, diselingi pembagian souvenir berupa tas, mug dan pulpen, bagi siswa yang tepat menjawab pertanyaan dari pemandu acara Nugroho Aji Satrio, ST., MT (peneliti di Puslit Geoteknologi). Antusias siswa terlihat sangat tinggi dalam sesi tanya jawab ini. Anak-anak tidak segan untuk menjawab pertanyaan serta maju ke depan untuk memberikan komentarnya.

Acara di ruang Pangea diakhiri dengan pemberian materi oleh Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI. Dr. Eko Yulianto, yang menyempatkan diri untuk berinteraksi dengan siswa SD dengan melatih siswa bernyanyi, dimana lagu yang dinyanyikan merupakan lagu siaga bencana yang dikemas menggunakan instrumen lagu anak-anak yang sudah dikenal (seperti naik becak), sehingga mudah diingat oleh siswa. Para siswa terlihat sangat senang untuk mengikuti lagu yang diikuti dengan gerakan yang diajarkan.

Setelah melakukan kegiatan foto bersama, para siswa melanjutkan pengenalan laboratorium yang terdapat di Puslit Geoteknologi yaitu kunjungan ke Laboratorium GIS dan Laboratorium Mikropaleontologi. Para siswa sangat senang mengikuti pengenalan perangkat lunak dan perangkat keras yang ada di laboratorium.

Kunjungan ilmiah yang dilakukan oleh siswa sekolah alam Palembang ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan kesan baik untuk para siswa, dan menambah wawasan mengenai geologi dan kesiapsiagaan bencana.

It's only fair to share...Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this page