SINERGI PUI GEOTEKNOLOGI DAN PSTNT BATAN

Pusat Penelitian Geoteknologi merupakan salah satu lembaga Pusat Unggulan Iptek (PUI) dengan nama PUI “Material Fungsional berbasis Sumber Daya Mineral dan Batubara”. Tahun 2018 merupakan tahun kedua bagi Pusat Penelitian Geoteknologi untuk dibina sebagai lembaga PUI.

Pada hari Selasa, 24 April 2018, Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT), BATAN sebagai lembaga PUI dengan nama “Teknologi Senyawa Bertanda dan Radiometri” melakukan kunjungan ke PUI Puslit Geoteknologi. Kunjungan ini dipimpin oleh Isti Daruwati selaku ketua tim PUI PSTNT BATAN.

Kunjungan dibuka dengan sambutan oleh Kepala Pusat Geoteknologi LIPI, dan dilanjutkan dengan tanggapan dari Bapak Dani sebagai perwakilan PSTNT BATAN, dijelaskan oleh beliau bahwa tahun 2018 merupakan tahun pertama bagi PSTNT untuk  dibina menjadi lembaga PUI. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan mengenai PUI di Puslit Geoteknologi oleh Bapak Solihin selaku Ketua Tim PUI dan Ibu Isti dari PSTNT BATAN. Dalam pemaparannya Pak Solihin dan Ibu Isti memberikan pandangan dan gambaran mengenai kegiatan PUI masing masing, serta kemungkinan peluang sinergi, acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi.

Diskusi yang dilakukan sangat menarik dengan pembahasan yang mencakup seluruh aspek PUI, yaitu pembahasan mengenai Rare Earth Elemen (REE), kegiatan eksplorasi bahan mineral yang dapat digunakan sebagai bahan baku di PSTNT, serta cakupan administrasi PUI seperti akreditasi KNAPPP dan akreditasi sistem manajemen mutu ISO 19025:2015. Diharapkan dari pertemuan ini akan menghasilkan kerjasama dan selalu bersinergi.

It's only fair to share...Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this page