KUNJUNGAN KERJA KEPALA LIPI KE PUSAT PENELITIAN GEOTEKNOLOGI

Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr. Laksana Tri Handoko didampingi oleh Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian, Kepala Biro Umum dan (Plt) Kepala Biro Perencanaan Keuangan hari jumat 24 Agustus 2018 mengunjungi Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI dalam rangka kegiatan kunjungan kerja.

Kunjungan kerja Kepala LIPI di Puslit Geoteknologi dihadiri oleh pejabat struktural eselon III, IV dan seluruh staf. Agenda Kepala LIPI pada kunjungan kerjanya lebih ke acara diskusi dengan Pejabat Struktural beserta pejabat fungsional tertentu dan fungsional umum perihal Sumber Daya Manusia (SDM), Organisasi dan Anggaran.

Dalam kunjungan kerjanya Kepala LIPI memaparkan rencana reorganisasi LIPI yang ditargetkan pada awal tahun 2019 sudah bisa diterapkan. Dr. Laksana Tri Handoko menjelaskan masalah SDM di LIPI dari total berjumlah 5000 orang, 2000 orang tidak memiliki jabatan fungsional apapun.

Untuk jumlah SDM dengan Jabatan Fungsional Peneliti yaitu Peneliti Ahli Pertama (521 orang), Peneliti Ahli Muda (653 Orang), Peneliti Ahli Madya (391 Orang), dan Peneliti Ahli Utama (250).

Solusi untuk menghadapi Reorganisasi di LIPI salah satunya percepatan semua proses dan regulasi, pembenahan Jabatan Fungsional, Rekruitmen baru serta pemusatan pengelolaan SDM pendukung ke Settama. Untuk Pembenahan Jabatan Fungsional, di LIPI akan dibuatkan Jabatan Fungsional baru terkait IPTEK. Sedangkan pemusatan pengelolaan SDM pendukung semua akan terpusat di Settama, sehingga satker tidak memiliki layanan pendukung. Reorganisasi tingkat Puslit yaitu Kapuslit membawahi Kelompok jabatan Fungsional, Kabid Program dan Subbagian Administrasi.

Sebagai satker Riset LIPI harus mempunyai spektrum sempit tapi mendalam, sehingga diharapkan banyak melakukan kolaborasi antar satker, universitas, kementrian dsb. Diharapkan semua pegawai LIPI bukan hanya Puslit Geoteknologi saja, bisa melaksanakan dan mendukung reorganisasi LIPI.

Kepala LIPI beserta jajarannya direncanakan akan melakukan kunjungan kerja ke Puslit lain sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan. (rw)

It's only fair to share...Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this page