Seminar Ilmiah “Gempa dan Tsunami Donggala di Sesar Aktif Palu Koro”

Pusat Penelitian Geoteknologi – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2G LIPI) pada Rabu, 03 Oktober 2018 menyelenggarakan Seminar Ilmiah “Gempa dan Tsunami Donggala di Sesar Aktif Palu Koro” dengan pembicara Dr. Ade Kadarusman (Direktur PT. AKA Geosains Consulting), Dr. Adrin Tohari dan Dr. Mudrik Rahmawan Daryono (Peneliti Puslit Geoteknologi). Bertempat di Ruang Pangea, Gedung 70 Geoteknologi LIPI, acara dibuka oleh Hilda Lestiana, S.Si, MT mewakili Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi selaku Kabid PDHP Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI.

Acara selanjutnya, Dr. Muhammad Ma’ruf Mukti, M.Sc. selaku moderator, memaparkan beberapa pengalaman kerja dan dedikasi beliau selama di LIPI. Memasuki acara inti, pembicara pertama yaitu Dr. Mudrik Rahmawan Daryono yang merupakan Peneliti bidang kepakaran Geologi dan Geofisika Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI memaparkan mengenai “Sesar Aktif Palukoro (Geologi Gempa bumi, fakta rinci, mitigasi dan solusi)”. Penelitian ini dilakukan oleh Dr. Mudrik Rahmawan Daryono dkk. Menurut Dr. Mudrik Rahmawan Daryono, kondisi Indonesia berada dijalur sesar aktif  yang produktif dengan gempa bumi. Secara prinsip sesar itu suatu bidang dimana saat melepas energi ketika suatu posisi dari lempeng ditarik pelan-pelan, ketika tidak bisa menahan lagi maka akan melepaskan energi dan bergerak, pergerakan yang terjadi yang menyebabkan gempa bumi. Penelitian yang dilakukan Dr. Mudrik Rahmawan Daryono ini berhasil mendeskripsikan 20 sesar wilayah Sulawesi bagian tengah, 5 segmen sesar Palukoro dan 7 segmen sesar Mantano. Adapun hal yang saat ini dapat kita lakukan yaitu tata kota harus mengikuti peta bahaya gempa dan peta jalur sesar, melakukan studi-studi rinci terkait skenario kerusakan ekonomi serta pemetaan sesar aktif rinci dan pendidikan masyarakat terhadap siap siaga apa yang harus dilakukan pada saat gempa bumi.

Pembicara yang kedua yaitu Dr. Ade Kadarusman beliau adalah Direktur PT. AKA Geosains Consulting. Pemaparan yang Dr. Ade Kadarusman sampaikan yaitu “Geologi dan Tektonik Daerah Sepanjang Sesar Palu Koro Sulawesi Tengah”. Menurut Dr. Ade Kadarusman Secara Tektonik, Pembentukan Sesar Palu-Koro merupakan manisfestasi dari “docking” atau Tumbukan Mikrokontinent Banggai-Sula terhadap “East Sulawesi Ophiolite” (ESO) dan Eastern Part of Sundaland.

Tetapi Kondisi “Extensional” juga terjadi mengakibatkan Batuan-batuan yang hadir di kerak benua bagian bawah dan mantel muncul di permukaan. Ini membuktikan Sesar Palu Koro adalah Sesar Dalam (Deep Seated Fault) dengan “exhumation rate” yang cukup tinggi , dimana tempat bercampurnya batuan dari berbagai lapisan bumi mulai Kerak Benua bagian bawah dan juga batuan Mantel yang naik ke permukaan (mantle upwelling). Disamping itu punya bukti adanya batuan dari kedalaman 200 km

Pembicara yang ketiga yaitu Dr. Adrin Tohari merupakan Peneliti bidang kepakaran Teknik Sipil Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI memaparkan mengenai “Karakteristik Dinamika Lapisan Tanah Likuifasi di Zona Depresi Palu”. Menurut Dr. Adrin Tohari ,definisi likuifasi suatu kondisi dimana material lepas (unconsolidated) berubah karena proses liquified, yakni transformasi material berbutir dari kondisi solid menjadi cair sebagai akibat dari peningkatan tekanan air pada pori-pori material. Adapun syarat terjadinya Likuifasi yaitu lapisan tanah berupa tanah pasir bersifat lepas (gembur), kedalaman muka airtanah dangkal (kurang dari 4 m dari permukaan tanah), goncangan gempabumi kuat > 6 SR serta durasi goncangan gempabumi lebih dari 1 menit. Salah satu penyebab likuifaksi saat gempa Palu yaitu lapisan tanah berupa endapan aluvial yang belum terpadatkan serta kondisi muka airtanah yang dangkal.  

Setelah pemaparan dari ketiga narasumber, dilanjutkan dengan diskusi dengan peserta yang hadir dalam Seminar Ilmiah “Gempa dan Tsunami Donggala di Sesar Aktif Palu Koro”. Untuk lebih lengkap isi dari seminar serta diskusi dari peserta bisa dilihat di youtube Puslit Geoteknologi :  @Geotek Lipi TV atau bisa di follow akun FB : @geotek LIPI. (rw)

It's only fair to share...Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this page