Funding

Funding merupakan suatu kegiatan untuk menghimpun dana, memberikan sumber daya keuangan, atau untuk membiayai kebutuhan program dan proyek oleh suatu organisasi atau pemerintah .

Funding Dalam Negeri

1. Kementerian Keuangan RI

– LPDP ( www.Lpdp.depkeu.go.id )

LPDP merupakan suatu program bantuan penelitian bagi mahasiswa, peneliti untuk melanjutkan study pada jenjang S1, S2, dan S3 dari perguruan tinggi yang telah bekerjasama dengan pusat riset dan edukasi.

– Rispro ( www.lpdp.depkeu.go.id )

Rispro atau bantuan dana riset inovatif – produktif merupakan program bantuan pendanaan riset bersifat multidisiplin yang ditujukan untuk mendorong inovasi produk riset, dengan tujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan pemberdayaan masyarakat.

2. Kementerian Ristekdikti RI

–    Research dan innovation in science and technology project (Riset – Pro) (www.ristek.go.id)

Merupakan salah satu program kegiatan di kementrian riset teknologi dan pendidikan tinggi yang salah satu tujuannya yaitu untuk meningkatkan persentase sumber daya manusia yang memiliki gelar S2 (magister), dan S3 (Doktor) melalui pemberian program tugas belajar (beasiswa) diluar negeri.

3. Indonesia Toray Science Foundation (www.itsf.or.id)

Untuk berkontribusi dalam menciptakan kesejahteraan masa depan Indonesia ITSF akan membantu para peneliti dan ilmuwan dari berbagai bidang studi dalam bentuk dana penelitian, ITSF juga akan menganugrahkan hadiah kepada mereka dengan pencapaian yang luar biasa dan mampu berkontribusi dalam kemajuan sains dan teknologi.

 

Funding Luar Negeri

1. Jepang

– Tonoto Foundation ( www.tonotofoudation.org )

Merupakan salah satu program dimana tonoto foundation berupaya untuk menjadi  pusat unggulan dalam penanggulangan kemiskinan melalui program pendanaan dibidang pendidikan, pemberdayaan dan peningkatan kualitas hidup.

– The Sumitomo Foundation ( www.sumitomo.or.jp )

The sumitomo foundation memberikan bantuan dana kepada para peneliti, dosen untuk melakukan penelitian, dengan tujuan untuk memberikan kontribusi pada masyarakat.

– MONBUKAGAKUSHO (beasiswa pemerintah Jepang) ( www.id.emb-japan.go.jp )

Salah satu program dari pemerintah Jepang kepada Indonesia untuk melanjutkan pendidikan ke Jepang.

2. Jerman

–  DAAD (www.daad.de)

DAAD atau dinas pertukaran akademis jepang merupakan organisasi pendanaan terbesar didunia untuk pertukaran mahasiswa dan peneliti international. DAAD menawarkan kesempata pendanaan bagi peneliti (junior) untuk berkenalan dengan situasi riset jepang.

–  AIF (German Federations of Industrial Research Assosiations) (www.reserach-in-germany.org)

AIF berkonsentrasi pada penelitian dengan tugas utamanya adalah mempromosikan pertukaran industry dan ilmu pengetahuan dalam rangka untuk menempatkan temuan penelitian baru.

–  DFG (German Research Foundation) (www.reserach-in-germany.org)

Penelitian jerman foundation (DFG) merupakan organisasi pendanaan riset terbesar dijerman dimana organisasi ini menyediakan dukungan pendanaan untuk penelitian pada pendidikan tinggi dan lembaga penelitian public. DFG mendanai penelitian disemua disiplin ilmu dengan menggunakan bottom-up yang berarti setiap peneliti dapat mengajukan aplikasi tanpa batasan sujek.

3. Arab

– BFSA (British Foundation for the Study Arabia) (www.thebfsa.org)

The BFSA mempromosikan penelitian yang berkaitan dengan Semenanjung Arab dan, khususnya, yang arkeologi, sejarah , prasasti, bahasa, sastra, seni, budaya, etnografi, geografi, geologi dan sejarah alam. Hal ini dilakukan dengan: pemberian hibah penelitian,  menghasilkan  publikasi sendiri, menyebarkan berita tentang penelitian baru dan acara terhubung dengan Saudi, dan mengorganisir kuliah dan konferensi, khususnya Seminar tahunan Studi Arab.

4.  Amerika

– ISRSF (Indonesia Scholarship and research support foundation) (www.isrsf.org)

Merupakan salah satu program pendanaan yang diberikan ke Indonesia untuk dapat melanjutkan pendidikan serta bantuan dana untu melakukan penelitian.

5.  Prancis

– Eiffel Excellence Scholarship Programme (www.campusfrance.org/en/EIFFEL)

Beasiswa Eiffel menjaring mahasiswa-mahasiswa internasional berbakat untuk melanjutkan studi mereka pada tingkat master maupun doktor di universitas perancis, dengan memberikan dana pendidikan dan tempat tinggal.

It's only fair to share...Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this page